Public Relations

Program Studi Ilmu Komunikasi - Konsentrasi Public Relations

Program S-1 Public Relations bertujuan untuk mengarahkan mahasiswanya agar mampu membuat program - program terencana dalam upaya-upayanya mempertahankan, menciptakan, dan memelihara pengertian bersama antara organisasi dan masyarakatnya. Sehingga hal ini dapat memberikan penerangan kepada public dan melaksanakan fungsinya seperti melakukan persuasi untuk mengubah sikap dan tingkah laku public dan upaya untuk menyatukan sikap serta perilaku suatu lembaga sesuai dengan sikap dan perbuatan masyarakat, atau sebaliknya.

Materi perkuliahan Public Relations mendekatkan pada praktek PR pada organisasi baik itu perusahaan swasta maupun di pemerintahan. Pada setiap pertengahan semester, mahasiswa memperoleh seminar atau kuliah umum dengan narasumber para praktisi PR professional. Selain itu, dalam kegiatan praktek mahasiswa juga diberi kesempatan untuk mengelola events, presentasi di depan public dan diskusi karir di bidang PR. Ditengah perkembangan media dan dunia siber, para mahasiswa juga dibekali kemampuan dalam menyelesaikan masalah PR dengan memanfaatkan teknologi berbasis internet. Lulusan PR Stikom Prosia diharapkan mampu menjadi seorang PR Profesional yang bisa beradaptasi dalam lingkungan global.

Mata Kuliah Utama - Konsentrasi Public Relations

Semester 1

  • Bahasa Inggris Dasar
  • Pengembangan Kepribadian
  • Komputer Dasar
  • Pendidikan Pancasila
  • Pendidikan Kewarganegaraan
  • Pengantar Ilmu Ekonomi
  • Pengantar Ilmu Komunikasi
  • Pendidikan Agama
  • Bahasa Indonesia

Semester 2

  • Semiotika Komunikasi
  • Psikologi Komunikasi
  • Bahasa Inggris Lanjutan
  • Logika Komunikasi
  • Asas-Asas Manajemen
  • Teori Komunikasi
  • Komunikasi Organisasi
  • Dasar-Dasar Jurnalistik

Semester 3

  • Pengantar Public Relations
  • English for Public Relations
  • Kewirausahaan
  • Komunikasi Antar Pribadi
  • Sosiologi Komunikasi
  • Pendidikan Anti Korupsi
  • Fotografi

Semester 4

  • Komunikasi Lintas Budaya
  • Komunikasi Bisnis
  • Komunikasi Multi Media
  • Komunikasi Massa
  • Komunikasi Politik
  • Statistik Sosial
  • Etika dan Hukum Komunikasi
  • Teknik Lobi dan Negosiasi

Semester 5

  • Event Management
  • Cyber Komunikasi
  • Retorika dan Komunikasi Publik
  • Komunikasi Pemasaran Terpadu
  • Teknik Berpikir Kreatif
  • Metode Penelitian Komunikasi Kuantitatif
  • Filsafat Komunikasi

Semester 6

  • Analisa Stakeholder
  • Manajemen Public Relations
  • Penulisan Naskah Public Relations
  • Perencanaan Kampanye Public Relations
  • Corporate Social Responsibility
  • Perilaku Konsumen
  • Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif

Semester 7

  • PR dan Manajemen Kritis
  • PR Pemerintahan dan Perusahaan
  • Brand Image
  • Media Relations
  • Praktek Kerja Lapangan
  • Seminar Proposal Skripsi

Semester 8

  • Skripsi dan Sidang Komprehensif

Panduan Pendaftaran Mahasiswa Baru

Nulla imperdiet sit amet magna. Vestibulum dapibus, mauris nec malesuada fames ac turpis velit, rhoncus eu, luctus et interdum adipiscing wisi. Aliquam erat ac ipsum. Integer aliquam purus. Quisque lorem tortor fringilla sed.

Quisque lorem tortor fringilla sed, vestibulum id, eleifend justo vel bibendum sapien massa ac turpis faucibus orci luctus non, consectetuer lobortis quis, varius in, purus. Integer ultrices posuere cubilia Curae, Nulla ipsum dolor lacus, suscipit adipiscing. Cum sociis natoque penatibus et ultrices volutpat. Nullam wisi ultricies a, gravida vitae, dapibus risus ante sodales lectus blandit eu, tempor diam pede cursus vitae, ultricies eu, faucibus quis, porttitor eros cursus lectus, pellentesque eget, bibendum a, gravida ullamcorper quam. Nullam viverra consectetuer.

Kontak Kami